Soal Mobil Baru F1, Daniel Ricciardo Masa Bodoh Bakal Lebih Lambat

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 11 November 2019 | 17:39 WIB
Pembalap Renault, Daniel Ricciardo, memamerkan helm spesial yang dikenakannya pada balapan F1 GP Amerika Serikat 2019. (TWITTER.COM/SPORTSLOGONET)

BOLASPORT.COM - Daniel Ricciardo tidak peduli dengan potensi penurunan kecepatan mobil Formula 1 akibat regulasi baru yang diterapkan pada musim 2021.

Formula 1 berusaha berbenah untuk menciptakan persaingan yang lebih kompetitif.

Sebab, bukan rahasia bahwa posisi podium, atau bahkan enam besar, hampir selalu dikuasai oleh tiga tim teratas yakni Mercedes, Ferrari, dan Red Bull Racing.

Selain itu, kurangnya aksi menyalip menjadi masalah yang tak hanya dikeluhkan oleh penonton tetapi juga para pembalap yang tampil di lintasan.

Regulasi baru yang akan diterapkan mulai musim 2021 pun menjadi solusi yang ditawarkan oleh pihak yang membawahi ajang balapan jet darat itu.

Selain pembatasan bujet, konsep mobil balap yang minim komponen aerodinamika menjadi langkah yang diambil demi menyuguhkan persaingan yang lebih seru.

Meskipun, tidak dapat dipungkiri bahwa pembatasan komponen aerodinamika membuat mobil kehilangan sebagian downforce dan lebih lambat dari era sebelumnya.

Direktur Teknik F1 Ross Brawn menyebut mobil baru akan lebih lambat tiga detik dibandingkan sekarang dan dengan performa yang menyerupai mobil musim 2016.

Baca Juga: Lewis Hamilton Tidak Terima Dianggap Juara F1 dengan Gampang