Mengenang Sosok Pengusaha Ciputra yang 'Lahirkan' Susy Susanti

By Agung Kurniawan - Rabu, 27 November 2019 | 12:55 WIB
Pembina dan pendiri PB JAYA RAYA, Ir. Ciputra bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (ERLY BAHTIAR/BOLA/JUARA.NET)

BOLASPORT.COM - Kepergian selamanya pengusaha properti, Ciputra, turut menjadi kabar duka bagi para pelaku dunia olahraga bulu tangkis.

Dilansir BolaSport.com dari Kompas.com, sosok bernama asli Tjie Tjin Hoan tersebut meninggal dunia di Singapura pada Rabu (27/11/2019) pukul 01.05 waktu setempat.

Selain dikenal sebagai taipan properti dengan bendera Ciputra Grup, Pak Cip, demikian almarhum biasa disapa, juga berperan besar dalam perkembangan sekaligus prestasi bulu tangkis Tanah Air.

Baca Juga: SEA Games 2019 - Kena Penalti, Tim Polo Air Putra Indonesia Batal Menang dari Tuan Rumah

Salah satunya ialah "melahirkan" Susy Susanti yang kemudian dikenal sebagai salah satu legenda bulu tangkis dunia dan tercatat sebagai peraih medali emas Olimpiade pertama bagi Indonesia.

Pak Cip melakukan hal tersebut melalui klub bulu tangkis bernama PB Jaya Raya Jakarta.

Sejarah mencatat, Ciputra mendirikan PB Jaya Raya pada tahun 1975 untuk memenuhi permintaan Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin.

Semula, mendiang Ali Sadikin meminta Ciputra untuk membantu dia dalam mengembangkan prestasi cabang olahraga sepak bola dan bulu tangkis.

Namun, Ciputra dengan mantap memilih cabang bulu tangkis karena menilai olahraga ini mempunyai prospek yang menjanjikan dari segi prestasi.