SEA Games 2019 - Medali Emas Indonesia di Dancesport Tidak Dihitung

By Agung Kurniawan - Senin, 2 Desember 2019 | 14:05 WIB
Ilustrasi berita kontingen Indonesia di SEA Games 2019. (NDARU GUNTUR/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Satu medali emas yang diraih Indonesia di SEA Games 2019 dari cabang olahraga (cabor) dancesport ternyata tidak masuk hitungan.

Medali emas dipersembahkan atlet Indonesia, Dwi Cindy Desyana, yang menjadi kampiun dalam cabang dancesport untuk nomor breaking girls di SEA Games 2019.

Cindy berhasil mengalahkan wakil tuan rumah, Deby Hate, dengan skor 3-2 pada pertandingan yang berlangsung di Royce Hotel, Filipina, Minggu (1/12/2019).

Kendati mampu mengalahkan wakil tuan rumah, medali emas dari Cindy tersebut tidak dihitung sebagai perolehan medali kontingen Indonesia.

Baca Juga: Alex Marquez Tak Ambil Pusing Jika Dibanding-bandingkan dengan Kakaknya

Alasannya adalah karena dancesport pada SEA Games 2019 Filipina ini merupakan cabor eksibhisi, atau uji coba, dengan jumlah peserta yang hanya dua atlet.

Dilansir BolaSport.com dari TheJakartaPost, Chef de Mission Indonesia Harry Warganegara mengatakan bahwa keputusan ini sudah diberitahukan sebelumnya.

"Sesuai peraturan, cabor yang diikuti kurang dari empat negara peserta tidak akan dipertandingkan [secara resmi]," kata Harry.

"Di breaking putri dancesports, hanya dua negara yang ikut," imbuhnya.