SEA Games 2019 - Ini Kunci Keberhasilan Tim Voli Putra Indonesia Raih Emas Usai 10 Tahun

By Delia Mustikasari - Rabu, 11 Desember 2019 | 00:07 WIB
Dari kiri ke kanan, Pascal Wilmar (asisten pelatih), Nizar Zulfikar (kapten), dan Santiaji (manajer timnas) bola voli putra Indonesia saat konferensi pers seusai merebut medali emas SEA Games 2019 di Philsports Arena, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019). (DELIA MUSTIKASARI/BOLASPORT)

Laporan langsung Delia Mustikasari dari Filipina

BOLASPORT.COM - Timnas bola voli putra Indonesia merebut medali emas pada SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

Keping medali emas dipersembahkan tim voli putra Merah Putih setelah mengalahkan Filipina, 3-0 (25-21, 27-25, 25-17) pada laga pamungkas yang berlangsung di Philsports Arena, Manila, Selasa (10/12/2019).

Bagi Indonesia, ini merupakan medali emas yang didapat setelah penantian selama empat kali penyelenggaraan SEA Games.

Terakhir kali, timnas voli putra mendapat medali emas pada SEA Games 2009 di Vientiane, Laos.

Pada SEA Games 2017 di Malaysia, Indonesia juga melaju ke final. Namun, harus puas dengan medali perak setelah dikalahkan Thailand, 1-3.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia dan juga masyarakat Filipina, pemirsa dan pendengar yang ada di luar sana. Pertama-tama, kami bersyukur kepada Tuhan yang maha kuasa. kedua, kekompakkan kita luar biasa," kata Manajer timnas voli Indonesia, Santiaji, kepada media, termasuk BolaSport.com.

Baca Juga: SEA Games 2019 - Tim Voli Putra Indonesia Rebut Emas dengan Rekor Sempurna

"Saya katakan berkali-kali sebelum tim bermain, kepercayaan diri dan teman adalah kunci pokok keberhasilan tim ini. Dari awal, kami memang sudah memenuhi target dan pada saat set awal. Keyakinan inilah yang membuat tim terutama yang dinahkodai Nizar (Zulfikar, kapten) bisa memenangkan pertandingan demi pertandingan," ucap Santiaji.