Cerita Mick Doohan yang Nyaris Berduet dengan Rossi di Repsol Honda

By Agung Kurniawan - Senin, 16 Desember 2019 | 10:53 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat menjalani seri balap MotoGP Inggris 2019 di Sirkuit Silverstone. (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Legenda MotoGP, Mick Doohan, membeberkan ceritanya yang hampir bertandem dengan Valentino Rossi di tim Repsol Honda.

Tahun 2000 merupakan tahun pertama bagi Valentino Rossi untuk berkompetisi di kelas tertinggi setelah dua musim petualangannya di kelas 250cc berakhir manis.

Pada musim perdananya di kelas 500cc (sekarang MotoGP), Rossi memang disebut bakal ditandemkan bersama Mick Doohan di tim Repsol Honda.

Namun rencana tersebut urung terlaksana setelah Doohan mengalami cedera parah pada musim 1999 dan memutuskan untuk pensiun pada musim 2000.

Baca Juga: Fernando Alonso Nilai Kemampuan Lewis Hamilton Setara dengan Michael Schumacher

Dengan keputusan itu, Repsol Honda diisi oleh tiga pembalap, Alex Criville, Tadayuki Okada, dan Sete Gibernau.

Sedangkan Valentino Rossi harus turun bersama tim Nastro Azzuro Honda hingga musim 2002.

"Mereka memberi saya jabatan general director of racing di Honda, dan seluruh kru saya menjadi kru dari tim Valentino Rossi," kata Mick Doohan, dilansir BolaSport.com dari Todo Circuito.

"Bagi saya, ini adalah sebuah transisi yang baik untuk bisa tetap berpartisipasi pada olahraga ini tanpa harus turun langsung berkompetisi," tutur Doohan lagi.