Siasati Kasus Doping Andrea Iannone, Aprilia Dekati Karel Abraham?

By Agung Kurniawan - Rabu, 25 Desember 2019 | 08:30 WIB
Pebalap Moto GP asal tim Aspar Racing, Karel Abraham. (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Tim Aprilia dikabarkan telah melakukan pendekatan dengan Karel Abraham menyusul salah satu pembalap mereka, Andrea Iannone sedang mengalami kasus doping.

Andrea Iannone dinyatakan gagal lolos tes doping pada saat dia sedang melakoni seri MotoGP Malaysia 2019 yang berlangsung bulan November kemarin.

Dalam sampel urine Andrea Iannone, ditemukan zat anabolic androgenic steroids (AAS) yang merupakan salah satu zat terlarang dalam peraturan Federasi Balap Motor Internasional (FIM).

Sebelumnya, FIM mendapatkan laporan dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA) setelah melakukan tindak lanjut dari sampel tersebut di Laboratorium Kreischa Bei, Dresden, Jerman.

Baca Juga: Rekor Dunia Baru Diciptakan Timnas Putri Kriket Indonesia

Atas temuan itu, rekan satu tim Aleix Espargaro tersebut dijatuhi hukuman skorsing oleh FIM (Federasi Motorsport Internasional) dengan melarangnya untuk berpartisipasi dalam setiap kompetisi balap motor.

Hukuman itu dijatuhkan oleh FIM kepada Andrea Iannone terhitung mulai 17 Desember 2019 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Andrea Iannone kini sedang menunggu hasil tes sampel B (sampel urin lain) yang akan diumumkan pada tanggal 7 Januari 2020 mendatang.

Dengan hukuman skorsing ini, membuat masa depan pembalap berjulukan The Maniac Joe bersama timnya Aprilia untuk MotoGP 2020 berada di ujung tanduk.