Begini Cara Riony Mainaky Bangun Motivasi Tunggal Putri Indonesia

By Lariza Oky Adisty - Senin, 6 Januari 2020 | 06:30 WIB
Pelatih tunggal putri Indonesia, Riony Mainaky, saat berbicara dengan BolaSport.com di Pelatnas PBSI, Jakarta, Jumat (31/2/2020) (DELIA MUSTIKASARI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pelatih tunggal putri Indoensia, Riony Mainaky, punya cara untuk membangkitkan motivasi para pemainnya jelang turnamen musim 2020.

Tunggal putri Indonesia saat ini diperkuat oleh tiga pemain tunggal putri utama, yaitu Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani, dan Ruselli Hartawan.

Selain itu, ada pula sejumlah pemain baru yang memperkuat skuad tunggal putri, seperti Putri Kusuma Wardani dan Choirunnisa.

Dijumpai BolaSport.com di Pelatnas PBSI, Jakarta, Jumat (3/1/2020), Riony Mainaky mengatakan para pemain tunggal putri Indonesia punya potensi untuk bersaing di level tertinggi.

"Kalau ditanya apakah para mereka bisa bersaing, ya bisa. Meski Gregoria sering bertemu lawan yang sama di turnamen, dia tidak kalah dengan gampang," kata Riony.

"Ruselli juga sudah bisa menunjukkan kemampuannya bersaing, seperti pada SEA Games 2019 lalu. Tugas saya adalah harus membenahi aspek kesabaran, fisik, dan daya juang," ujarnya melanjutkan.

Ditanya lebih lanjut, Riony mengatakan cara dia menumbuhkan motivasi para pemain adalah dengan meningkatkan disiplin.

Baca Juga: Riony Mainaky Minta Para Tunggal Putri Lebih Fokus pada 2020

"Hal pertama adalah latihan lebih keras dan meningkatkan disiplin, mulai waktu istirahat sampai start latihan. Saya juga biasa menekankan setiap turnamen soal tujuan mereka apa," kata Riony.