Asal-usul Julukan Black Mamba yang Dipakai Mendiang Kobe Bryant

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 27 Januari 2020 | 16:05 WIB
Legenda NBA, Kobe Bryant. (TWITTER.COM/BTSPORT)

BOLASPORT.COM - Ada banyak hal yang bisa dikupas dari sosok mendiang pebasket legendaris NBA, Kobe Bryant, selain prestasi menterengnya.

Salah satunya ialah asal-usul julukan "Black Mamba" yang dipakai Kobe Bryant selama berkarier di NBA.

Dilansir BolaSport.com dari NPR, nama "Black Mamba" diambil dari karakter pembunuh mematikan bernama sandi tersebut pada film "Kill Bill" garapan Quentin Tarantino.

Baca Juga: Kobe Bryant dan Kisah Nomor Punggung Keramat yang Tidak Diharapkan

Sosok "Black Mamba" dalam film laga itu dikenal memiliki kelincahan dan agresifitas, mirip dengan gaya permainan basket Bryant.

Bahkan, Bryant pernah mencetak 62 poin hanya dalam tiga kuarter saat membela Los Angeles Lakers menghadapi Dallas Mavericks pada musim reguler NBA 2015-2016 di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS), 20 Desember 2005.

"Saya pikir fans NBA tentu mengingat gaya bermain basket Kobe Bryant," tutur salah satu awak NPR, Tom Goldman, kepada Michael Martin pada Weekend All Things Considered.

"Dia mengadopsi nama julukan "Black Mamba" dari film Tarantino, Kill Bill, yang digunakan sebagai nama sandi seorang pembunuh mematikan yang dikenal lincah dan agresif, mirip dengan gaya bermain basket Kobe Bryant," kata Goldman.

"Dia tidak seperti LeBron James yang suka membagi bola pada momen-momen penting. Bryant suka mengendalikan bola sendirian, hanya di tangannya saat situasi tertekan, dan sering kali dia mencetak poin dari situasi tersebut," ujar Goldman lagi.