Pernyataan Resmi BWF tentang Wabah Virus Corona Jelang China Masters

By Delia Mustikasari - Kamis, 30 Januari 2020 | 13:40 WIB
Sekretaris Jenderal BWF, Thomas Lund. (NST.COM.MY)

BOLASPORT.COM - Wabah virus Corona yang merebak di Wuhan, China membuat sejumlah negara membatalkan keikutsertaan mereka pada turnamen di China, terutama pada turnamen terdekat China Masters 2020, 25 Februari-1 Maret.

Menanggapi hal tersebut Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) akan terus memonitor secara dekat implikasi terkait dengan wabah virus Corona di China dan daerah sekitarnya.

"Kegiatan monitoring meliputi semua tindakan pencegahan, keselamatan, dan perjalanan yang diperlukan saat ini sedang dipertimbangkan," tulis BWF dalam pernyataan resmi yang dilansir BolaSport.com dari laman resmi BWF.

"Kami juga mengakui keputusan hari ini untuk menangguhkan penerbangan menuju China dan dari China oleh beberapa negara. Kami menyadari komplikasi yang mungkin terjadi pada Tur Dunia BWF, turnamen lain yang didukung BWF, dan komunitas bulu tangkis pada umumnya."

Menurut BWF, pihaknya saat ini belum memberikan keputusan tentang perubahan status turnamen China Masters 2020.

Baca Juga: Hasil Undian Kejuaraan Beregu Asia 2020 - Indonesia 1 Grup dengan Filipina

"Tetapi BWF, akan bekerja sama dengan penyelenggara lokal dan Asosiasi Bulu Tangkis China untuk memberikan penjelasan mendalam tentang segala risiko," ucap BWF.

BWF juga dapat mengonfirmasi bahwa Kejuaraan Asia 2020 yang akan digelar di Wuhan, China dan siap mendukung Badminton Asia Confederation (BAC/Konfederasi Bulu Tangkis Asia) dan Asosiasi Bulu Tangkis China dalam proses ini.

"Namun, masih terlalu dini untuk membuat kesimpulan akhir terkait keputusan Kejuaraan Asia," ucap BWF.