Terpesona Keindahan Lombok, Dorna Dorong MotoGP Digelar di Indonesia

By Delia Mustikasari - Jumat, 7 Februari 2020 | 00:06 WIB
Sirkuit Mandalika di NTB. (ISTIMEWA)

BOLASPORT.COM - Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021 dengan menggelar balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Head of Operation Sporting Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Dyan Dilato mengatakan bahwa Dorna sebagai organisasi penyelenggara balapan MotoGP menunjuk Indonesia sebagai salah satu tuan rumah MotoGP karena terpesona dengan keindahan Lombok.

"Keinginan Dorna untuk menyelenggarakan MotoGP di Indonesia sangat kuat. Karena itu, kami akan berusaha keras setelah diberi kepercayaan ini," ucap Dyan sela peluncuran produk pelumas Motul di Sirkuit Karting, Sentul, Bogor, Kamis (6/2/2020).

Saat ini, proses pengerjaan konstruksi sirkuit sudah mencapai 10 persen dan mulai dikerjakan sejak Januari 2020 oleh Waskita Karya sebagai kontraktor.

Sementara itu, pengaspalan sirkuit ditargetkan dikerjakan pada September 2020 dengan adanya proses homologasi (hukum pengesahan perdamaian) dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM).

"Kami harapkan semua proses sesuai dengan jadwal. Tim ahli dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sudah melaporkan semua dan berjalan sesuai perencanaan," ucap Dyan

Menurut Dyan, sempat ada kendala saat proses pembangunan sirkuit di Lombok yakni struktur dan kontur tanah di Mandalika yang berpasir.

"Struktur atau kontur di Mandalika agak sedikit berbeda, tetapi kami sudah memanggil ahli dari Godc jadi semua sudah dalam on progress," ujar Dyan.

Baca Juga: Lintasan di Sirkuit Mandalika Diharapkan Mulai Terlihat pada Juli 2020