Tes Pramusim MotoGP 2020 - Alami Kemajuan Pesat, Motor Baru Tim Gurem Terasa Seperti Yamaha

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 9 Februari 2020 | 16:05 WIB
Pembalap Aprilia Gresini, Aleix Espargaro, menggeber motor RS-GP dalam tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, 9 Februari 2020. (TWITTER.COM/APRILIAOFFICIAL)

BOLASPORT.COM - Aleix Espargaro boleh jadi adalah pembalap paling bahagia saat tes pramusim MotoGP 2020. Motor Aprilia yang biasanya bikin frustrasi, terasa mumpuni.

Meski berstatus sebagai tim pabrikan, Aprilia bukan destinasi yang paling diinginkan oleh pembalap MotoGP ketika berniat berganti tim.

Prestasi buruk Aprilia dalam beberapa musim terakhir menjadi penyebabnya. Dalam tiga musim terakhir, mereka selalu berada di urutan terbawah dalam klasemen konstruktor MotoGP.

Aprilia bahkan kalah bersaing dengan KTM yang—kendati jor-joran dalam pengembangan motor—merupakan pabrikan paling muda di MotoGP.

Saking buruknya, motor Aprilia RS-GP sampai dihujat pembalapnya sendiri, yaitu Scott Redding, seperti sampah yang sudah tak tertolong lagi.

Aprilia kemudian berbenah. Setelah memperbaiki kinerja organisasi internal mereka, fokus berikutnya adalah membuat RS-GP menjadi tunggangan yang membanggakan.

"Motornya dibangun pada 2017, jadi [RS-GP] adalah motor yang sudah berusia tiga tahun," kata test rider Bradley Smith, dilansir dari Motomatters, soal perlunya perbaikan motor Aprilia.

Motor Aprilia mengalami perombakan total. Tak terkecuali mesin baru dengan sudut V 90 derajat demi menambah daya mesin dan engine braking.

Baca Juga: Pensiun dari Honda, Pedrosa Menjelma Harta Paling Berharga untuk KTM