Bima Sakti Ungkap Pengalaman Terpenting yang Didapat Pemain Garuda Select di Inggris

By Rebiyyah Salasah - Senin, 10 Februari 2020 | 16:00 WIB
Pelatih timnas U-16, Bima Sakti, saat ditemui di acara coaching clinic dan turnamen U-16 bersama Tranmere Rovers, Sabtu (8/2/2020). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, membeberkan pengalaman terpenting yang didapatkan para pemain Garuda Select selama berada di Inggris. 

Pada Januari 2019, Bima Sakti dikirim PSSI ke Inggris untuk mendampingi tim Garuda Select angkatan pertama. 

Di Inggris, Bima Sakti menjadi asisten Des Walker yang menjadi pelatih Garuda Select

Dikirimnya Bima Sakti ke Inggris ini merupakan program khusus sebelum dirinya diterjunkan untuk melatih timnas U-16 Indonesia

Selama periode enam bulan mendampingi tim Garuda Select di Inggris, Bima Sakti mengungkapkan bahwa para pemain asuhannya mendapatkan pengalaman penting di Negeri Ratu Elizabeth itu. 

Baca Juga: Bima Sakti Sebut Ada Campur Tangan Shin Tae-yong dalam Persiapan Timnas U-16 Indonesia

Garuda Select sendiri merupakan program PSSI yang menjaring para pemain muda untuk belajar dan mendapatkan pelatihan intensif secara profesional di Inggris dan negara Eropa lainnya. 

Pemilihan Inggris sebagai tempat belajar para pemain Garuda Select ini bukan tanpa alasan. 

Menurut Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha, Inggris dipilih karena merupakan negara sepak bola top dunia dengan berbagai kompetisi kelompok usia, di antaranya U-16, U-17, dan U-20.