Segera Dipanggil DPR RI, Naturalisasi Marc Klok Selangkah Lagi Beres

By Muhammad Robbani - Rabu, 12 Februari 2020 | 11:10 WIB
Gelandang Persija, Marc Klok, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (7/2/2020). (MUHAMMAD ALIF AZIZ/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Direktur Olahraga Persija Jakarta, Ferry Paulus, meyakini proses naturalisasi Marc Klok akan rampung pada pertengahan Maret 2020.

Kini, proses naturalisasi Marc Klok bahkan sudah melewati tahapan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan akan lanjut ke Sekretariat Negara (Setneg).

Terdekat, Marc Klok akan segera dipanggil Komisi X DPR RI untuk merampungkan beberapa tahapan.

"Sekarang ini di Kemenkumham sudah, BIN juga informasinya sudah. Setelah itu ke Setneg, baru ke DRR RI di komisi 10 dan Sebagainya," kata Ferry Paulus.

"Di komisi 10, proses naturalisasi itu biasanya menguji kemampuan Bahasa Indonesia, membacakan Pancasila, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya," ujarnya menambahkan.

"Jika itu prosesnya selesai, maka dia akan mendapatkan KTP (Kartu Tanda Penduduk)," katanya lagi.

Dari sinyal positif tersebut, Ferry Paulus optimistis eks pemain PSM Makassar itu bakal berubah status menjadi pemain lokal pada pekan-pekan awal Liga 1.

Kondisi tersebut membuat Persija bakal punya satu slot kosong pemain asing yang rencananya akan diisi pemain baru lagi.

Mengutip dari kalender Transfer Machine System, periode pertama bursa transfer Indonesia masih akan dibuka hingga 21 Maret 2020.