Eko Yuli Irawan Bakal Didampingi Pelapis Menuju Olimpiade Tokyo 2020

By Wila Wildayanti - Rabu, 12 Februari 2020 | 14:40 WIB
Aksi lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan, saat bertanding pada cabor Angkat Besi nomor 62 kilogram put (adityafahmi)

BOLASPORT.COM - Wakil Ketua PB PABBSI Djoko Pramono berharap para atlet junior mampu mendampingi Eko Yuli Irawan menuju Olimpiade Tokyo 2020.

Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan, dinyatakan telah lolos ke Olimpiade Tokyo, 2020 karena ia sukses menepati posisi ke delapan besar, yang mana sebagai syarat lolos ke pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Hasil itu diraihnya setelah Eko Yuli sukses meraih 3 medali emas untuk angkatan snatch, clean and jerk dan total angkatan di kelas 67 kg pada Fajr Cup 2020 di Rasht, Iran, pada 1-5 Februari 2020 lalu.

Baca Juga: Dibekap Cedera, Bagus Saputra Maksimalkan Kans Kejar Poin Olimpiade 2020

Dengan hasil itu, Eko sukses mendongkrak poin hingga ia saat ini menempati peringkat ke-2 dunia Internasional Weightlifting Federation (IWF), dan ia pun dipastikan bakal tampil pada ajang yang akan diselenggarakan di Tokyo, Jepang, pada 24 Juli-9 Agustus 2020.

Djoko mengakui bahwa para atletnya sudah cukup siap tampil pada beberapa turnamen untuk mengumpulkan poin menuju Olimpiade Tokyo 2020.

"Kami sudah siap, dan anak-anak bahkan tidak hanya Eko (Yuli Irawan), para pelapis juga semangat sekali," kata Djoko Pramono di kantor Kemenpora, Selasa (11/2/2020).

"Harapan saya Eko ada pendamping. Namun, pendampingnya tidak ada dari lifter senior, tetapi dari junior," ujar Djoko.

Namun, Djoko Pramono masih berharap ada lifter pendamping untuk Eko Yuli Irawan. Dia tak ingin berbicara mengenai target atau hal lain yang bisa membebani para lifter.