Manila Resmi Gantikan Wuhan Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Asia 2020

By Delia Mustikasari - Rabu, 4 Maret 2020 | 22:49 WIB
Tim putra Indonesia berpose di atas podium kampiun dengan gesture tangan yang menunjukkan angka 3 untuk hat-trick gelar juara setelah memenangi laga final atas Malaysia pada Kejuaraan Beregu Asia 2020 di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Minggu (16/2/2020). (BADMINTON INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Manila, Filipina secara resmi menggantikan Wuhan, China sebagai tuan rumah Kejuaraan Asia 2020 pada 21-26 April mendatang.

Konfederasi Bulu Tangkis Asia (BAC) memutuskan Manila sebagai tuan rumah menyusul Wuhan yang menjadi pusat penyebaran virus corona (Covid-19).

Kepastian tersebut dikonfirmasi oleh BAC dalam pernyataan resmi yang dilansir BolaSport.com dari laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Rabu (4/3/2020).

Presiden Badminton Asia Confederation (BAC/Konfederasi Bulu Tangkis Asia) Anton Subowo kepada BolaSport.com sebelumnya menyatakan bahwa Kejuaraan Asia tidak mungkin dibatalkan karena menjadi event penutup dalam kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Manila juga merupakan tuan rumah Kejuaraan Beregu Asia pada 11-16 Februari lalu di mana China dan Hong Kong dilarang menjadi peserta.

Keputusan itu dibuat karena pemerintah Filipina memberlakukan masa karantina selama 14 hari untuk atlet dari China, Hong Kong, dan Makau yang mencoba memasuki Filipina sebagai akibat COVID-19.

BAC mengungkapkan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan Asosiasi Badminton Filipina (PBA) untuk mengamankan visa bagi semua atlet untuk kejuaraan individu tersebut.

"Kami telah berusaha untuk mendapatkan persetujuan visa bagi semua pemain dan ofisial sehingga mereka dapat diberikan izin masuk ke Manila untuk turnamen penting dan bergengsi ini," tulis BAC.

Baca Juga: Filipina Mungkin Akan Gantikan Wuhan Jadi Tuan Rumah pada Kejuaraan Asia 2020