Motivasi Pebulu Tangkis Malaysia Terganggu Akibat Virus Corona

By Delia Mustikasari - Kamis, 5 Maret 2020 | 10:57 WIB
Mantan pebulu tangkis Indonesia, Hendrawan. (BADMINTON INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Merebaknya wabah virus corona (Covid-19) di sejumlah negara mungkin mengganggu persiapan dan jadwal turnamen. Tetapi, pelatih kepala tunggal putra Malaysia, Hendrawan, ingin Lee Zii Jia tetap fokus pada persiapan Olimpiade.

Lee Zii Jia dijadwalkan bertanding pada German Open, pekan ini. Tetapi, panitia terpaksa membatalkan demi mencegah penyebaran virus corona.

Sementara itu, All England yang dijadwalkan pada 11-15 Maret dipastikan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) tetap berlangsung tepat waktu.

Lee Zii Jia telah berlatih keras selama tiga pekan terakhir untuk tampil baik pada turnamen Eropa. Namun, ketidakpastian atas turnamen telah memengaruhi mentalnya.

"Covid-19 telah mengganggu semua yang kami rencanakan sebelumnya. Zii Jia didorong untuk bermain dalam dua turnamen di Eropa, tetapi dia mungkin tidak bermain pada dua turnamen tersebut," kata Hendrawan dilansir BolaSport.com dari The Star.

"Sangat sulit baginya untuk tetap termotivasi. Tetapi, saya mengatakan kepadanya bahwa dia harus tetap fokus dan tidak peduli apa yang terjadi. Dia harus terus mempersiapkan diri ke All England. Kami akan tahu pada akhir minggu ini. Mari kita berharap keputusan terbaik."

Baca Juga: Ekspektasi Publik Tak Turunkan Motivasi Marcus/Kevin Jelang Olimpiade

Menyadari pentingnya Lee Zii Jia agar tetap kompetitif, Hendrawan telah mendaftarkannya dalam dua turnamen lagi yakni Singapore Open (7-12 April) dan Kejuaraan Asia (21-26 April) yang bukan bagian dari rencana awal.

Jika All England dibatalkan, Lee Zii Jia total selama lima pekan tidak mengikuti turnamen individu.