Balapan MotoGP 2020 Mungkin Akan Digelar hingga Natal Akibat Wabah Virus Corona

By Delia Mustikasari - Jumat, 6 Maret 2020 | 12:00 WIB
Pemenang kejuaraan dunia 500cc, Alex Criville (kiri), berpose bersama CEO Dorna Sports, Carmelo Espelleta. (DOK. MOTOGP)

BOLASPORT.COM - Wabah virus Corona (COVID-19) membuat Dorna selaku penyelenggara MotoGP merombak kalender balap MotoGP 2020.

Bos Dorna Carmelo Ezpelata mengatakan bahwa kemungkinan MotoGP 2020 akan digelar hingga jelang akhir tahun tepatnya pada natal 25 Desember mendatang.

Seri balap pertama MotoGP 2020, GP Qatar, 6-8 Maret dibatalkan terkait pembatasan perjalanan yang diterapkan Qatar dari Italia.

Seperti diketahui, Italia termasuk negara yang terkena dampak serius dari wabah virus corona. Padahal, sebagian besar tim MotoGP bermarkas di Negara tersebut.

Namun, Moto2 dan Moto3 Qatar tetap berlangsung karena tim sudah berada di Qatar untuk tes pramusim pada 28 Februari - 1 Maret.

Selain itu, MotoGP Thailand yang akan digelar pada 20-22 Maret mendatang ditunda pelaksanaannya.

"Secara kontrak dengan FIM (Federasi Motorsport Internasional), mereka mengatakan akan menggelar minimal 13 balapan. Tetapi, kami berencana menyelenggarakan 19 balapan tersisa," kata Ezpeleta dilansir BolaSport.com dari Crash.

"Ada kemungkinan bahkan dalam kasus terburuk dengan lebih banyak pembatalan seri balap, kami akan menggelar balapan di negara-negara yang tidak mengalami musim salju saat Natal," ucap Ezpelata.

Baca Juga: Jadwal GP Qatar 2020 - Tanpa Kelas Utama, Menanti Progres Adik Valentino Rossi pada Seri Perdana