Jadwal Kalender Balap MotoGP 2020 Terbaru Setelah Wabah Virus Corona

By Delia Mustikasari - Jumat, 6 Maret 2020 | 13:12 WIB
Para pembalap MotoGP berpose pada konferensi pers jelang MotoGP Aragon di Sirkuit Motorland Aragon, Kamis (19/9/2019). (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Dorna selaku penyelenggara MotoGP telah merilis jadwal terbaru dari kalender MotoGP 2020 sebagai imbas dari wabah virus corona (COVID-19).

Sebelumnya, seri balap pertama MotoGP 2020, GP Qatar, 6-8 Maret dibatalkan terkait pembatasan perjalanan yang diterapkan Qatar dari Italia.

Pembatalan ini memengaruhi seri balap kedua kelas premier GP Thailand yang ditunda pelaksanaannya menjadi 2-4 Oktober.

Para pembalap MotoGP dijadwalkan mulai menjalani balapan pada seri balap ketiga di Austin, Texas, Amerika Serikat pada, 3-5 April mendatang.

Seri balap GP Aragon, Spanyol akan dimajukan pada 25-27 September atau satu pekan sebelum seri balap GP Jepang, GP Australia, dan GP Malaysia.

Perubahan ini membuat kelas MotoGP akan digelar dalam 19 seri balap dari 20 seri balap yang direncanakan sebelumnya oleh Dorna.

Baca Juga: Balapan MotoGP 2020 Mungkin Akan Digelar hingga Natal Akibat Wabah Virus Corona

Meskipun kalender baru sudah dirilis, pelaksanaan balapan tetap tergantung kepada pembatasan perjalanan dari pemerintah Qatar atau pembatasan jumlah personel di area publik oleh otoritas pemerintah Thailand.

Pekan ini, Sirkuit Internasional Losail, Qatar hanya akan menggelar balapan kelas Moto3 dan Moto2 karena pembalap dan tim sudah berada di Qatar untuk tes pramusim pada 28 Februari - 1 Maret.