Corona Masih Mewabah, Pihak F1 Terus Koordinasi dengan Promotor Lokal

By Lariza Oky Adisty - Selasa, 10 Maret 2020 | 16:25 WIB
Tabrakan antara dua pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, di balapan F1 GP Brasil, Minggu (17/11/2019). (TWITTER @F1)

BOLASPORT.COM - Pihak manajemen Formula 1 alias F1 mengaku terus bekerja sama dengan panitia balapan dan otoritas kesehatan untuk memastikan balapan bisa tetap berlangsung di tengah wabah virus corona atau Covid-19.

Sebelumnya, pihak Formula 1 sudah memastikan menunda GP F1 China 2020 yang seharusnya berlangsung pada 19 April mendatang di Sirkuit Internasional Shanghai.

Adapun balapan GP Bahrain 2020 sudah dipastikan tanpa penonton demi mencegah penyebaran virus tersebut.

Di sisi lain, GP Australia yang menjadi seri pembuka F1 2020 belum mendapat perubahan jadwal.

Baca Juga: All England Open 2020 - Gregoria Mariska Usung Target Realistis Ini

"Karena sifat virus corona yang fluid (cairan), F1 akan terus melakukan pendekatan ilmiah terhadap situasi ini dan mengambil tindakan berdasarkan nasihat dari otoritas kesehatan resmi serta mengikuti saran para promotor tuan rumah," demikian bunyi pernyataan resmi F1, dikutip BolaSport.com dari Crash.

"F1 juga sudah menerapkan sejumlah tindakan berdasarkan nasihat badan kesehatan publik Inggris. Tindakan tersebut termasuk melarang perjalanan yang tidak perlu."

"Tim berisi para ahli juga akan ditugaskan di bandara, titik transit, serta sirkuit untuk menjaga para personel, dan berfokus ke diagnosis dan penanganan kasus. Kami juga memasang titik karantina."

"Bagi F1, FIA, dan semua tim serta promotor, keselamatan semua orang adalah hal terpenting," tulis F1 lagi.