Rapat Khusus Bahas Virus Corona, Kemenkes Kembalikan Semua pada Kemenpora

By Rinaldy Azka Abdillah - Jumat, 13 Maret 2020 | 19:44 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengadakan rapat khusus bersama dengan sejumlah stakeholder keolahragaan Indonesia terkait meningkatnya penyebaran virus Covid-19 di Gedung Kemenpora RI, Jumat (13/3/2020). (RINALDY AZKA ABDILLAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Kementerian Kesehatan melalui salah satu stafnya, Pattiselanno Robert Johan, menjabarkan kondisi virus COVID-19 atau corona yang saat ini mewabah di Indonesia bersama Menpora Zainudin Amali dan sejumlah stakeholder olahraga Indonesia di Gedung Kemenpora RI, Jumat (13/3/2020).

Menpora Zainudin Amali mengadakan rapat khusus dadakan guna menentukan nasib kompetisi olahraga yang saat ini sedang berlangsung di Indonesia.

Menurut Pattiselanno Robert Johan, kompetisi yang sedang berjalan di Indonesia sebaiknya  mengupayakan kehadiran penonton yang minimal untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Seluruh event diimbau untuk meminimalisir pengumpulan orang. Setiap event olahraga biasanya banyak dihadiri oleh penonton," ucapnya saat ditemui wartawan dalam konferensi pers yang turut dihadiri oleh BOLASPORT.COM.

Baca Juga: Gulirkan Kembali Kompetisi Usia Muda, PSSI ingin Pantau Bibit Unggul

Terkait penonton, pria yang menjabat di bidang desentralisasi kesehatan ini menjelaskan bahwa sebetulnya penularan bisa terjadi di mana saja.

Hanya, bagi seseorang yang sudah terjangkit, bisa jadi dia tidak terlihat karena virus ini baru bisa memberikan efek transparan jika kondisi korbannya tidak sedang fit.

"Dalam situasi pandemik ini, risiko penularan bisa terjadi di mana saja karena virus ini ada juga yang tanpa gejala."

"Belum tentu lingkup 15-20 orang di antara kita semuanya tidak tertular COVID-19. Virus hanya bisa terlihat jika kesehatan orang yang terkena tidak sedang fit," tambahnya.