Liga Diberhentikan karena Virus Corona, Persebaya Latihan Tertutup

By Mukhammad Najmul Ula - Senin, 16 Maret 2020 | 04:40 WIB
Rizky Ridho berduel dengan Bayu Nugroho dalam sesi Official Training Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo sore ini. Bek 18 tahun itu siap menjalani debut pertamanya menghadapi Persipura dalam Shopee Liga 1 (Dok. Persebaya Surabaya)

BOLASPORT.COM - Persebaya Surabaya akan menutup sesi latihan bagi penonton menyusul pemberhentian Shopee Liga 1 2020 selama dua pekan akibat persebaran pandemi virus corona.

Pandemi virus corona mulai mempengaruhi kalender sepak bola Indonesia.

Per 15 Maret 2020, pemerintah pusat telah mengumumkan 117 kasus positif corona di seluruh Indonesia.

Presiden Joko Widodo pun telah memberi pernyataan bahwa "sudah saatnya kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah dari rumah" untuk mencegah penyebaran virus corona yang lebih parah.

Baca Juga: Ribut dengan Marco Motta di Derbi Jakarta, Paul Munster: Biasa dalam Sepak Bola

Pada awalnya, sesuai dengan rapat darurat yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga pada Jumat (13/3/2020), kompetisi sepak bola di Indonesia diumumkan akan terus berlanjut.

Akan tetapi, perkembangan persebaran virus corona yang semakin mengkhawatirkan membuat otoritas sepak bola Indonesia mengubah sikap. 

PSSI telah membuat keputusan memberhentikan kompetisi sepak bola Indonesia paling tidak selama dua pekan, terhitung seusai rangkaian pertandingan di pekan ketiga Shopee Liga 1 2020.

"Kami tentukan minimal dua pekan kompetisi berhenti, baik Liga 1 maupun Liga 2, sembari menanti perkembangan terkini atas persebaran virus corona," ujar Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI, seperti dikutip BolaSport.com dari situs resmi PSSI.