Tak Ikuti Jejak UEFA, AFF Tetap Gelar Piala AFF 2020 Sesuai Jadwal

By Mukhammad Najmul Ula - Kamis, 26 Maret 2020 | 13:30 WIB
Logo Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF). (AFF)

BOLASPORT.COM - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) menyatakan Piala AFF 2020 tetap akan digelar pada November 2020 meski pandemi virus corona menjangkiti kawasan itu.

Pandemi virus corona tak cuma membuat kacau kalender sepak bola di Eropa, melainkan juga di Asia Tenggara.

Otoritas tertinggi sepak bola Eropa, UEFA, sebelumnya sudah mengumumkan penundaan sejumlah kompetisi di bawah naungannya.

Liga Champions Eropa dan Liga Europa diputuskan ditunda, sementara perhelatan akbar Euro 2020 akan dipindah ke tahun 2021.

Baca Juga: Ini Imbas COVID-19 ke Bali United dan Persebaya di Kompetisi ASEAN

Agaknya, risiko memindah turnamen terbesar di kawasannya tak mau ditempuh AFF.

Seperti dikutip BolaSport.com dari situs resmi AFF, lembaga yang dipimpin Khiev Sameth dari Kamboja tersebut memang menunda sejumlah turnamen.

"Saat ini adalah masa sulit bagi seluruh dunia, termasuk keluarga sepak bola, tetapi kita akan melewatinya bersama-sama. Untuk melakukannya, kita membutuhkan semua untuk berperan," demikian pernyataan Khiev Sameth di situs resmi AFF.

Turnamen yang ditunda tersebut meliputi Piala AFF Wanita (seharusnya digelar di Filipina pada Mei), Piala AFF U-18 Wanita (Indonesia, Juni), Piala AFF U-16 (Indonesia, Juli), dan Piala AFF U-19 (Indonesia, Juli).