Sebelum Jadi Penguasa ASEAN, Timnas Vietnam Lemah Seperti Timnas Indonesia

By Hugo Hardianto Wijaya - Minggu, 29 Maret 2020 | 13:00 WIB
Timnas Indonesia sedang melakukan jogging dalam latihan perdana dibawah asuhan Shin Tae Yong (14/2/2020) (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pemain naturalisasi Vietnam, Hoang Vissai, menyebutkan bahwa negaranya di masa lalu punya permasalahan yang mirip dengan timnas Indonesia saat ini.

Timnas Vietnam bisa disebut sebagai salah satu penguasa sepak bola di level ASEAN.

Dalam hal ranking FIFA misalnya, timnas Vietnam menjadi yang tertinggi di ASEAN dengan menempati peringkat ke-94.

Timnas Vietnam juga berhasil menjuarai dua ajang bergengsi di level ASEAN dalam dua tahun terakhir yakni Piala AFF 2018 dan SEA Games 2019.

Baca Juga: Asisten Pelatih Barito Putera Buka Suara Soal Kondisi Kesehatannya Saat Ini

Akan tetapi beberapa tahun lalu, timnas Vietnam ternyata memiliki permasalahan yang mirip dengan timnas Indonesia saat ini.

Pemain naturalisasi Vietnam, Hoang Vissai, membeberkan bahwa di masa lalu timnas Vietnam punya masalah dalam hal fisik pemain.

Menurut bek yang telah berkarier selama 14 tahun di Liga Vietnam itu menyatakan bahwa para pemain Vietnam di masa lalu tak punya stamina yang cukup untuk mempertahankan performa di babak kedua.

Namun, kehadiran Park Hang-seo di tubuh timnas Vietnam saat ini telah membawa perubahan besar, terutama dalam peningkatan kekuatan fisik.