Barcelona Ingin Lahirkan Kembali Generasi Emas, Andres Iniesta: Mustahil!

By Raka Kisdiyatma Galih - Jumat, 17 April 2020 | 14:10 WIB
Eks gelandang tengah Barcelona, Andres Iniesta. (TWITTER.COM/BARCACENTRE)

BOLASPORT.COM - Mantan gelandang Barcelona yang kini memperkuat Vissel Kobe, Andres Iniesta, berbicara mengenai mantan klubnya dalam mengembangkan pemain-pemain muda.

Saat ini, Barcelona lebih sering membeli pemain-pemain top di bursa transfer ketimbang mengorbitkan pemain-pemain muda dari akademi La Masia.

Akademi La Masia sendiri sudah sangat terkenal dalam melahirkan pemain-pemain top dunia, salah satunya adalah Lionel Messi.

Akibat kebijakan transfer tersebut, tak jarang Azulgrana sering mendapat kritikan dari banyak pihak.

Sebelumnya, Quique Setien selaku pelatih Barca telah menjelaskan mengenai alasan timnya yang lebih sering belanja pemain dalam beberapa tahun terakhir. 

Menurut Setien, Barca sebenarnya memiliki rencana untuk mengambil pemain-pemain muda La Masia untuk dipromosikan ke tim utama tetapi ketika melihat stok yang ada di akademi, kualitasnya jauh dari yang diharapkan.

Baca Juga: Quique Setien Akhirnya Buka Suara soal Rumor Kepindahan Ivan Rakitic dari Barcelona

"Apa yang diinginkan orang, akademi atau tim ini terus mengalami kemajuan? Saya tidak mengatakan bahwa kami tidak membangun tim berkualitas dengan para pemain akademi, tetapi ketika melihat para pemain di akademi, tidak banyak stok sesuai yang kami butuhkan," katanya, seperti yang BolaSport.com kutip dari Marca.

Andres Iniesta yang juga merupakan jebolan dari La Masia kemudian mengatakan bahwa Barca tak akan pernah bisa mengulang generasi emas yang terdiri dari Lionel Messi, Xavi Hernandez, dan dirinya.

Akan tetapi, pemain berusia 35 tahun itu percaya bahwa generasi berikutnya tak akan buruk, hanya akan berbeda dengan dengan generasinya.