Bos McLaren Sebut Formula 1 di Eropa Kemungkinan Tanpa Penonton

By Muhamad Husein - Sabtu, 18 April 2020 | 09:15 WIB
Chief executive McLaren untuk ajang F1, Zak Brown.

BOLASPORT.COM - Bos Mclaren, Zak Brown, mengungkapkan untuk musim 2020, Formula 1 (F1) dapat memulai balapan secara tertutup atau tanpa penonton di lintasan Eropa.

Pada hari Kamis (16/4/2020), bos Formula 1 juga telah melakukan pertemuan membahas ide menyelenggarakan balapan tertutup yang akan dimulai dengan GP Austria pada 5 Juli dan dilanjutkan di Sirkuit Silverstone.

"Semuanya masih tentatif, tetapi (GP Inggris) akan tetap digelar sesuai jadwal dengan tanpa penonton," kata Zak Brown dilansir BolaSport.com dari BBC.

Bukan hanya dua seri Formula 1 2020 yang akan diselenggarakan tertutup, Brown juga memperkirakan seluruh lintasan di Eropa juga kemungkinan besar akan dilaksanakan tanpa penonton karena pandemi COVID-19.

Baca Juga: Aksi Sukarela Nainggolan Jadi Pegantar Makanan Saat Pandemi COVID-19

"Faktanya, sepertinya semua balapan di Eropa kemungkinan besar dalam skenario itu," sambung Brown.

Setidaknya sembilan seri balapan harus mengalami penundaan dengan perhitungan delapan seri harus ditunda dan GP Monaco dibatalkan.

Hal itu membuat F1 terus merevisi kalender mereka demi membuka balapan musim ini di tengah krisis pandemi COVID-19.

Direktur Pelaksana F1, Ross Brawn, mengatakan sangat yakin kejuaraan dunia yang membutuhkan minimal delapan seri balapan itu dapat terus berlangsung walau dihelat hingga Oktober mendatang. 

Harapannya bahkan jika COVID-19 sudah aman terkendali, setidaknya 18-19 balapan F1 2020 bisa terlaksana.