Peringatan Ulang Tahun PSSI, Ketum Usahakan Soeratin Jadi Pahlawan Nasional

By Ibnu Shiddiq NF - Minggu, 19 April 2020 | 13:00 WIB
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, berdiskusi dengan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, Jumat (21/2/2020). (MUHAMMAD ALIF AZIZ/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan akan memperjuangkan Soeratin Sosrosoegondo menjadi Pahlawan Nasional.

Ir. Soeratin Sosrosoegondo merupakan pendiri sekaligus Ketua Umum PSSI yang pertama.

Soeratin meninggalkan pekerjaannya di perusahaan bangunan Belanda, Sizten en Lausada, yang berkantor di Yogyakarta.

Karena kecintaannya kepada Tanah Air, Soeratin melihat adanya tempat terbaik untuk menanamkan dan menebar rasa itu dalam sepak bola.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun PSSI ke-90, Cucu Somantri Kenang Prestasi Timnas

Demi mewujudkan hal tersebut, Soeratin rutin mengadakan pertemuan dengan tokoh-tokoh sepak bola di Solo, Yogyakarta, dan Bandung.

Perjuangan untuk menyempurnakan gagasannya bukan hal mudah.

Hingga pada akhirnya pada tanggal 19 April 1930 terbentuklah PSSI, buah pertemuan antara tokoh-tokoh sepak bola Tanah Air.

Memperingati ulang tahun PSSI yang ke-90, Ketua Umum Mochamad Iriawan mengajak semua masyarakat Indonesia kembali mengenang jasa para pahlawan sepak bola.

“Segala hormat dan doa kita sampaikan kepada Allah SWT untuk para pahlawan sepak bola yang telah berpulang mendahului kita, terutama almarhum Soeratin Sosrosoegondo,” kata Iriawan dikutip BolaSport dari PSSI.org.