HUT PSSI Ke-90 - Kisah Soeratin Sosrosoegondo dan Awal Mula PSSI (Part I)

By Hugo Hardianto Wijaya - Minggu, 19 April 2020 | 13:15 WIB
Logo PSSI dan FIFA (TRIBUNNEWS.COM )

BOLASPORT.COM - Berdirinya PSSI pada 1930 diprakarsai oleh rasa cinta dan semangat nasionalisme dari Soeratin Sosrosoegondo terhadap Indonesia.

Tepat hari ini 90 tahun yang lalu, 19 April 1930, organisasi sepak bola nasional yang kelak disebut sebagai PSSI resmi berdiri.

Tokoh yang patut dikenang sebagai pendiri induk organisasi sepak bola nasional itu adalah Ir Soeratin Sosrosoegondo, seorang pemuda lulusan Jerman yang kembali berbakti untuk Tanah Airnya.

Kisah Soeratin dan PSSI bermula dari kembalinya Soeratin ke Indonesia setelah menyelesaikan studi di Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg, Jerman, pada 1927.

Baca Juga: Tak Direstui Bela Timnas Kroasia, Marko Simic Buka Peluang Jadi WNI

Dilansir Bolasport.com dari laman resmi PSSI, sekembalinya ke Tanah Air, Soeratin langsung bekerja pada sebuah perusahaan bangunan Belanda, Sizten en Lausada, yang berpusat di Yogyakarta.

Soeratin menjadi satu-satunya orang pribumi yang duduk sejajar dengan komisaris di perusahaan tersebut. Namun, dilandasi rasa nasionalisme yang tinggi, dia pun memutuskan mundur.

Setelah bekerja di Sizten en Lausada, Soeratin lebih banyak aktif di bidang pergerakan. Dalam suatu kesempatan, Soeratin menyadari bahwa sepak bola bisa menjadi salah satu wadah untuk menyemai nasionalisme di kalangan pemuda, sesuai dengan bulir-bulir Sumpah Pemuda yang diucapkan pada 28 Oktober 1928.

Demi mewujudkan cita-citanya itu, Soeratin rajin mengadakan pertemuan dengan tokoh-tokoh sepak bola di Solo, Yogyakarta, dan Bandung, yang dilakukan secara rahasia untuk menghindari penyergapan Polisi Belanda (PID).

Baca Juga: Lorenzo Belum Pikirkan Jadi Pembalap Penuh MotoGP dengan Usia 32 Tahun