Pakar Virus Jepang Pesimistis Olimpiade Tokyo Bisa Digelar pada 2021

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 20 April 2020 | 15:15 WIB
Logo Olimpiade Tokyo 2020. (DOK TOKYO2020.JP)

BOLASPORT.COM - Seorang pakar virus asal Jepang, Kentaro Iwata, mengaku pesimistis Olimpiade Tokyo bisa digelar pada musim panas 2021.

Sebelumnya, Kentaro Iwata sudah lebih dulu dikenal publik internasional lantaran mengritik respons pemerintah Jepang terhadap pandemi virus Corona alias Covid-19.

Pada awal tahun ini, Iwata mengritik cara pemerintah negaranya dalam menangani penyebaran kasus virus Corona di kapal pesiar Diamond Princess yang bersandar di area pantai di Jepang.

Saat itu, pemerintah Jepang memutuskan untuk melakukan karantina di dalam kapal.

Kebijakan tersebut kemudian berujung dengan lebih dari 700 kasus Covid-19 dan 13 orang meninggal.

Baca Juga: Dulu Belum Minat, Kini Dani Pedrosa Buka Kans Balapan Lagi pada MotoGP

Kini, Iwata lagi-lagi menyentil pemerintah Jepang yang dianggap gegabah dalam mengambil keputusan terkait tanggal pelaksanaan Olimpiade Tokyo.

Apalagi, saat ini, pandemi Covid-19 nyaris menghantam semua negara di belahan dunia.

"Jujur saya, saya pikir kecil kemungkinannya menggelar Olimpiade tahun depan," ucap Iwata yang merupakan profesor untuk penyakit infeksius di Universitas Kobe, Jepang, dilansir BolaSport dari AFP.

"Menggelar Olimpiade butuh dua kondisi. Pertama, kendali atas Covid-19 di Jepang. Kedua, kendali atas Covid-19 di manapun karena anda perlu mengundang para atlet dan penonton dari seluruh dunia."