Federer Usulkan Organisasi WTA dan ATP Disatukan Saat Pandemi Covid-19

By Muhamad Husein - Kamis, 23 April 2020 | 14:40 WIB
Ekspresi petenis Swiss, Roger Federer, ketika berhasil memastikan langkah ke babak kedua US Open 2019. (TWITTER.COM/USOPEN)

BOLASPORT.COM – Petenis putra Swiss, Roger Federer, menyerukan penyatuan antara Asosiasi Tenis Profesional (Association of Tennis Profesisional/ATP) dan Asosiasi Tenis Wanita (Women’s Tennis Association/WTA).

Permintaan ini dibuat untuk mengarungi masa penangguhan kompetisi untuk membantu para petenis tingkat bawah yang mengalami krisis keuangan.

Musim tenis ditunda pada Maret lalu akibat pandemi COVID-19. Kondisi ini memaksa ATP dan WTA membuat keputusan baru untuk menyelenggarakan kembali turnamen pada pertengahan Juli.

"Hanya bertanya-tanya. Apa saya satu-satunya yang berpikir bahwa sekarang saatnya tenis putra dan putri disatukan dalam kebersamaan?” tulis pemegang 20 titel Grand Slam di Twitter dilansir BolaSport.com dari Reuters.

Baca Juga: Dream Chasers Garuda Select Season 2 Eps 14 - Rasa Duka dan Laga Seru Lawan Inter Milan

"Saya membayangkan merger antara WTA dan ATP."

"Saya tidak berbicara menggabungkan kompetisi di lapangan, tetapi menggabungnkan dua organisasi yang mengawasi tur profesional putra dan putri," ucap Federer.

Tenis sangat dinikmati banyak penggemar di seluruh dunia tapi organisasi yang terlalu banyak dengan tujuh asosiasi yang masing-masing menjalankan pertandingan.

Selain Tur ATP dan WTA, kedua organisasi itu dikendalikan oleh Federasi Tenis Internasional (International Tenis Federation/ITF) dengan empat dewan turnamen Grand Slam.

Baca Juga: Lee Chong Wei Kenang 2011 sebagai Tahun Terbaiknya