Liga Inggris Bisa Terapkan 5 Pergantian Pemain di Sisa Musim 2019-2020

By Adi Nugroho - Selasa, 28 April 2020 | 16:15 WIB
Ilustrasi berita Liga Inggris. (ANDREAS JOEVI/BOLASPORT.COM )

BOLASPORT.COM - Berdasarkan proposal FIFA, klub Liga Inggris bisa melakukan lima pergantian pemain dalam satu laga di sisa musim 2019-2020 ini.

Untuk menjaga keselamatan pemain, FIFA mengeluarkan kebijakan mengizinkan klub Liga Inggris dan liga di Eropa lainnya yang musimnya terhenti karena pandemi COVID-19, melakukan lima pergantian dalam satu pertandingan.

Kekhawatiran FIFA akan cedera yang mungkin timbul lebih banyak karena jadwal padat menjadi dasar dari pembuatan proposal tersebut.

"Jika berlanjut, kompetisi kemungkinan akan menghadapi kalender pertandingan yang padat dengan frekuensi pertandingan lebih tinggi dari normal, yang dimainkan dari minggu ke minggu," ujar seorang juru bicara FIFA seperti dikutip BolaSport.com dari The Guardian.

Baca Juga: Roberto Firmino 7 Kali Cetak Gol Tanpa Lihat Gawang, di Liverpool Paling Sering

"Keselamatan para pemain adalah salah satu prioritas FIFA. Satu keprihatinan dalam hal ini adalah bahwa frekuensi pertandingan dapat meningkatkan risiko cedera karena pemain kelebihan beban."

"Mengingat hal ini dan tantangan unik yang dihadapi secara global, FIFA mengusulkan pergantian pemain dengan jumlah yang lebih besar atas kebijakan penyelenggara kompetisi yang relevan."

"Setiap tim sekarang akan diberikan kemungkinan untuk menggunakan hingga lima pergantian pemain, dengan kemungkinan pergantian tersisa selama waktu tambahan jika relevan," kata juru bicara FIFA tersebut menambahkan.

Baca Juga: Sir Alex Ferguson Sebut 1 Pemain Man United yang Selalu Layak Jadi Pemain Inti

Saat ini, Liga Inggris dan liga di Eropa lainnya hanya mengizinkan untuk melakukan tiga kali pergantian pemain per pertandingan.