Filosofi Pelatih Persebaya Mengembangkan Bakat-bakat Pesepak Bola Muda

By Ibnu Shiddiq NF - Rabu, 29 April 2020 | 22:15 WIB
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. (HABIBUR ROHMAN/TRIBUN JATIM)

BOLAPORT.COM - Pelatih Persebaya, Aji Santoso mempunyai kiatnya sendiri dalam mencari dan mengembangkan bakat para pemain-pemain muda.

Pelatih tim berjuluk Bajol Ijo itu sejatinya memiliki wadah untuk para pemain muda yang bernama Aji Santoso International Football Academy (ASIFA).

Berdiri pada tahun 2013 lalu di Malang, ASIFA merupakan akademi sepak bola bertaraf Internasional dengan berbagai staff pelatih yang handal.

Prestasi cukup mentereng ketika tujuh pemain ASIFA dipanggil seleksi Timnas U-19 pada musim 2019 kemarin.

Baca Juga: Dijuluki Pak Lurah, Pemain Ini Paling Jahil di Madura United

Tak dapat dipungkiri, Aji Santoso tak hanya handal menjadi juru racik, namun juga pencetak pemain bintang sejak usia dini.

Ia mempunyai filosofi yang cukup unik ketika ingin mengembangkan bakat-bakat pemain muda.

Aji mengibaratkan seperti merawat burung dari anakan masih dibantu diberi makan. hingga besar dan menghasilkan bulu maupun kicauan yang indah

"Ketika saya menemukan pemain muda bakat dan belum punya pengalaman, itu membuat saya senang. Saya merasa puas ketika mereka menjadi pemain top," ujar Aji dikutip BolaSport dari laman resmi klub.

"Sama dengan memelihara burung. Menjadi kepuasan tersendiri ketika menemukan burung yang berbakat bagus, dan bisa menjadikannya burung berkualitas."