MotoGP Makin Kencang, Anehnya Rekor Lap Tercepat Belum Pecah Sejak Tahun 70an

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 30 April 2020 | 07:00 WIB
Marc Marquez (#93) dan Andrea Dovizioso (#04) bersaing ketat dalam balapan MotoGP Austria di Red Bull Ring, Austria, 11 Agustus 2019. (TWITTER.COM/LASTAMPA)

BOLASPORT.COM - Rekor pada masa lampau ada untuk dipecahkan. Namun, tidak semua rekor berhasil dilewati meski amunisi semakin mumpuni.

Pengembangan teknologi menjadi salah satu aspek penting dalam dunia otomotif, tak terkecuali dalam ajang balap seperti MotoGP.

Saking canggihnya, pembalap kini tidak hanya berlomba dengan menarik gas dan menekan rem melainkan juga memilih berbagai pengaturan yang tersedia.

Kemajuan teknologi ini juga membuat pembalap semakin percaya diri dengan motornya.

Baca Juga: Legenda Timnas Indonesia Curhat Rela Ikut Tarkam demi Sambung Hidup

Ditambah dengan perkembangan mesin motor yang semakin oke, bukan pekerjaan yang susah bagi pembalap untuk mencapai kecepatan tinggi.

Pada balapan MotoGP Italia 2019, Andrea Dovizioso dari tim Ducati kembali mempertajam rekor kecepatan tertinggi di MotoGP menjadi 356,5 kilometer per jam (kpj).

Sebagai perbandingan, selama tiga musim terakhir dari era mesin 2 tak 500cc, kecepatan tertinggi yang dicatat rider MotoGP berada di bawah angka 320 kpj.

Akan tetapi, semakin meningkatnya kecepatan di MotoGP ternyata tidak serta merta berarti rekor lap tercepat bakal dengan mudah terlewati.

Baca Juga: Mike Tyson adalah Wajah Baru dalam Dunia Tinju