Jika Mau Dibayar Lebih Rendah, Pemain Malaysia Bisa Sukses di Liga 1

By Hugo Hardianto Wijaya - Rabu, 6 Mei 2020 | 14:45 WIB
Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, menilai pemain Malaysia bisa sukses di Liga 1 jika mau dibayar lebih rendah. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, menilai bahwa banyak pemain Malaysia yang bisa sukses di Liga 1 jika mau dibayar lebih rendah dibanding di Negeri Jiran.

Keberadaan pemain asing di Liga 1 bukanlah sesuatu yang baru.

Sejak Persib Bandung mendatangkan kuartet Polandia pada musim 2003, jasa pemain asing seakan menjadi hal yang penting untuk mendongkrak penampilan tim.

Regulasi dari PT Liga Indonesia Baru yang hanya memperbolehkan setiap tim mendatangkan empat pemain asing dengan salah satunya berasal dari Asia juga memperlebar jangkauan negara-negara asal pilar asing di Liga 1.

Baca Juga: Jika Naturalisasi 2 Pemain Ini, Malaysia Bisa Samai Timnas Indonesia

Sejumlah pemain dari Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, dan Filipina juga turut meramaikan bursa pemain asing di Liga 1.

Akan tetapi, meski jalur terbuka lebar, tim-tim di Indonesia sangat minim mendatangkan pemain asal Malaysia.

Tercatat, pemain Negeri Jiran terakhir yang pernah bermain di Indonesia adalah Safee Sali yang membela Pelita Jaya pada 2010-2011 dan Arema Cronus pada 2013.

Baca Juga: Bintang Tinju Inggris Ini Ingin Melawan Manny Pacquiao dan Floyd Mayweather

Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, menilai bahwa sesungguhnya para pemain Malaysia bisa saja mendulang sukses jika bermain di Indonesia.