Kurniawan Dwi Yulianto: Di Malaysia yang Berjasa Lewat Olahraga Dapat Gelar dan Tunjangan

By Ibnu Shiddiq NF - Sabtu, 9 Mei 2020 | 19:15 WIB
Mantan striker timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, resmi menjadi pelatih Sabah FA. (SRI MULYATI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pelatih Sabah FA sekaligus mantan striker timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, mengutarakan isi hatinya perihal perbandingan pelaku olahraga di Indonesia dengan Malaysia.

Kurniawan Dwi Yulianto. pelatih kelahiran Magelang, Jawa Tengah, itu menyebut bukan hanya cabang olahraga besar yang perlu diperhatikan.

Menurut Kurniawan Dwi Yulianto, pelaku semua cabang olahraga yang selama ini telah berjuang juga patut diberi apresiasi.

Terutama bagi atlet-atlet yang telah banyak berjasa bagi negara dengan sumbangan medali demi mengharumkan nama bangsa.

"Kalau kita bicara pemain sepak bola profesional, mereka memang harus bisa menghidupi diri sendiri," kata Kurniawan dikutip BolaSport.com dari Kompas.

"Kalau berbicara tentang atlet dari cabor lain, tentunya perlu memberikan perhatian soal kesejahteraan mereka, terutama kepada para atlet yang telah berhasil menyumbangkan medali," imbuhnya.

Baca Juga: Bek Madura United yang Rindukan Suasana Latihan Saat Ramadan

Kurniawan menekankan soal minimnya event yang bisa diikuti atlet-atlet lain yang jauh dari sepak bola atau bulu tangkis.

"Kalau sepak bola atau bulu tangkis dalam setahun bisa banyak menjalani event, tetapi atlet dari cabor lain dalam setahun hanya ada satu atau dua event. Hal itu yang perlu mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah," katanya.

Kurniawan Dwi Yulianto lantas membandingkan kondisi seperti itu dengan negara tetangga, Malaysia.