Pernah Ditentang Robert Alberts, Bek Timnas Indonesia Cerita Pengalaman Ganti Posisi

By Hugo Hardianto Wijaya - Selasa, 12 Mei 2020 | 17:00 WIB
Bek sayap kanan timnas U-22 Indonesia, Asnawi Mangku Alam, mencoba melewati bek sayap Vietnam, Doang Van Hau, pada laga final SEA Games 2019. (PSSI.ORG)

BOLASPORT.COM - Pemain timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, bercerita tentang perbedaan setelah mengalami perubahan posisi dari gelandang bertahan menjadi bek kanan.

Kehebatan Asnawi Mangkualam dalam menjaga sisi kanan pertahanan timnya tidak perlu diragukan lagi.

Kemampuan itu ditunjukkan kala Asnawi dipercaya mengawal lini pertahanan timnas U-19 Indonesia di Piala Asia U-19 2018.

Kehebatannya sebagai bek sayap juga selalu ditunjukkan ketika membela timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2019 dan di klubnya saat ini, PSM Makassar.

Baca Juga: Saat Raih Juara, Marc Klok Berencana Tato Bergambar Kesuksesan Saat di Persija

Namun tak banyak yang tahu, Asnawi Mangkualam sejatinya adalah seorang pemain gelandang bertahan.

Pemain 20 tahun itu baru menjajal posisi bek sayap ketika pelatih timnas U-19 Indonesia di Piala Asia 2018, Indra Sjahfri, melakukan eksperimen dalam timnya.

Saat itu Indra Sjahfri menunjuk Asnawi untuk menggantikan peran Rifad Marasabessy yang sedang cedera di sisi kanan pertahanan tim Garuda Nusantara.

"Awalnya karena tidak ada bek kanan di timnas U-19 Indonesia, lalu coach Indra Sjafri bertanya ke saya apakah bisa bermain untuk posisi itu," ujar Asnawi dikutip Bolasport.com dari video wawancaranya di kanal Youtube Hamka Hamzah pada awal April lalu.

Baca Juga: Daniel Ricciardo Prediksi Balapan Perdana F1 2020 Akan Kacau