Tontowi Ahmad Sempat Kaget dengan Status sebagai Pemain Magang

By Delia Mustikasari - Selasa, 19 Mei 2020 | 10:10 WIB
Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow saat menjalani laga melawan Do Tuan Duc/Pham Nhu Thao (Vietnam) pada babak kesatu Malaysia Open 2019 di Axiata Arena, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (2/4/2019). (BADMINTON INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Mantan pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad, mengaku sempat kaget dengan status pemain magang dari Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI).

Tontowi Ahmad memutuskan pensiun sebagai pebulu tangkis dan keluar dari pelatnas pada Senin (18/5/2020) serta sudah menyerahkan surat resmi pengunduran diri kepada PBSI.

Status sebagai pemain magang sejak Desember 2019 menjadi salah satu pertimbangan Tontowi Ahmad untuk pensiun meski bukan alasan utama.

Baca Juga: Dari Motivasi hingga Keluarga, Ini Alasan Tontowi Ahmad Pensiun

"Saya sempat kaget karena status sebagai pemain magang. Saya keberatan karena status magang biasanya untuk pemain junior yang mau masuk ke pelatnas, sementara saya sudah dapat goal-nya (emas Olimpiade Rio 2016)," dalam konferensi pers virtual.

"Saya tidak menyangka karena sepanjang 2019 saya merasa tampil baik bersama Winny (Oktavina Kandow)," ucap Tontowi.

Tontowi dipasangkan dengan Winny sejak 2019 karena partner sebelumnya, Liliyana Natsir, gantung raket setelah Indonesia Masters 2019.

"Tahun lalu, saya baru dicoba dengan satu pasangan (Winny). Saya masih kompetitif dan bisa mengalahkan pasangan 10 besar dunia. Saya tidak sejelek itu untuk dibuang," ujar Tontowi.

"Saya kaget karena PBSI sempat membahas rencana bermain dengan Apriyani (Rahayu). Saya sebenarnya tidak mau membahas ini lagi. Saya juga tidak dendam. Seharusnya, PBSI bisa lebih menghargai pemain," tutur Tontowi.

Debut Tontowi/Apriyani terjadi pada Indonesia Masters 2020 dan mencapai babak perempat final.