Liga Italia Dimulai Lagi, Ini Tanggal Baru Penentuan Kelanjutan Kompetisi

By Dwi Widijatmiko - Rabu, 20 Mei 2020 | 04:00 WIB
Ilustrasi berita Liga Italia. (ANDREAS JOEVI/BOLASPORT.COM )

BOLASPORT.COM - Rencana Liga Italia dimulai lagi mendapatkan kabar baik pada Selasa (19/5/2020). Protokol kesehatan akhirnya disetujui semua pihak dan pemerintah sudah punya tanggal kapan akan menentukan jadwal lanjutan kompetisi.

Menteri Olahraga Italia, Vicenzo Spadafora, mengonfirmasi bahwa CTS (panel ahli komite sains teknikal pemerintah) akhirnya memberikan lampu hijau kepada klub-klub untuk kembali berlatih bersama sebagai persiapan Liga Italia dimulai lagi.

CTS telah menyetujui protokol kesehatan yang sudah dimodifikasi dan akan dipakai dalam rencana Liga Italia dimulai lagi.

Protokol ini disusun bersama oleh Lega Serie A, asosiasi tim medis klub, asosiasi pemain, dan pihak lain yang harus menjalankan protokol tersebut dalam proses latihan bersama klub.

Baca Juga: Batal 13 Juni, Ini Tanggal Baru Proyeksi Liga Italia Dimulai Lagi

Tadinya protokol kesehatan yang disusun pemerintah mendapatkan penolakan dari pihak klub karena dirasa mustahil untuk dijalankan.

Dalam protokol kesehatan yang baru, tidak ada lagi pemusatan latihan sekaligus karantina selama setidaknya 15 hari.

Klub-klub akan menggenjot tes COVID-19 dengan melakukan dua tes swab dalam 24 jam pertama, kemudian dilakukan lagi setiap empat hari plus tes darah setiap 14 hari.

Seluruh anggota tim juga tidak perlu menjalani isolasi jika ada satu saja pemain yang positif COVID-19.

Pemain positif yang akan diisolasi sedangkan pemain lain dapat terus melanjutkan latihan.