Lepas Jabatan, Raja Sapta Oktohari Harap Regenerasi PB ISSI Berjalan

By Muhamad Husein - Selasa, 9 Juni 2020 | 08:20 WIB
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari (NOC Indonesia)

BOLASPORT.COM - Raja Sapta Oktohari berharap Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) bisa mendapatkan pengganti dirinya.

Pria yang akrab disapa Okto itu telah meminta kepada PB ISSI agar dapat menemukan sosok ketua umum baru yang mampu memajukan prestasi sepeda balap Indonesia. 

Okto melepas jabatannya sebagai Ketua Umum PB ISSI karena saat ini dia juga berperan sebagi Ketua Olimpiade Indonesia periode 2019-2023.

Menurut Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PB ISSI, seorang ketua umum tidak bisa rangkap jabatan di dua organisasi berbeda.

Meski begitu, dalam rapat anggota terakhir PB ISSI, sudah diputuskan waktu tambahan satu tahun, sehingga saat ini sedang dipersiapkan untuk melakukan musyawarah nasional (munas).

Baca Juga: Mengapa Honda Geser Alex Marquez meski Belum Jalani Debut pada MotoGP?

"Sudah disepakati, boleh diberikan waktu untuk segera melaksanakan munas. Namun, kami masuk ke dalam situasi Covid-19 dan semua batasan berkumpul itu tidak memungkinkan untuk terlaksana," kata Okto dalam konferensi pers lewat Zoom, Senin (8/6/2020).

"Melengkapi dari rapat anggota tahunan yang lalu, diputuskan hari ini. Jadi sudah ada pembahasan di rapat anggota tahun lalu, cuma ketok palu sekarang," ucap dia lagi.

Okto merupakan Ketua Umum PB ISSI periode 2015-2019 dan diperpanjang melalui Munas PB ISSI XVIII di Manson Pine Bumi Parahyangan Bandung, Jawa Barat 26-28 Juli 2019, karena menjadi calon tunggal.

Dari perpanjangan waktu yang ada, dia meminta tanggung jawab para pengurus menyiapkan pengganti yang bisa membawa organisasi berjalan lebih baik daripada era kepemimpinannya.