Pernah Jebol Gawang Inter Milan, Ini Kata Eks Striker Klub Legendaris Indonesia soal Nominasi Pemain Asia Terbaik di Eredivisie

By Metta Rahma Melati - Rabu, 10 Juni 2020 | 18:30 WIB
Pelatih timnas U-23 Singapura, Fandi Ahmad saat memimpin latihan anak asuhnya di Jepang. (FACEBOOK.COM/SINGAPOREFOOTBALL)

BOLASPORT.COM - Mantan penyerang klub legendaris Indonesia, Niac Mitra, yakni Fandi Ahmad masuk dalam nominasi pemain Asia terbaik di Eredivisie.

Laman resmi AFC, the-afc.com memasukkan nama Fandi Ahmad sebagai salah satu dari sembilan pemain top di kompetisi kasta teratas sepak bola Belanda, Eredivisie.

Fandi Ahmad masuk dalam daftar tersebut bersama pemain sepak bola ternama lainnya, seperti Park Ji-sung, Lee Young-pyo, dan Huh Jung-moo. Di mana ketiga pemain asal Korea Selatan itu pernah bermain di PSV Eindhoven.

Kemudian adalah pemain asal Jepang, Shinji Ono yang pernah bermain di Feyenoord, dua pemain asal Iran, Alireza Jahanbaksh (Nijmegen dan Alkmaar), dan Reza Ghoochannejhad (Heerenveen dan Zwolle).

Baca Juga: Piala AFC 2020 - Mantan Klub Eks Pelatih Persib Bandung Dihadiahi Lolos Langsung ke Fase Grup

Lalu ada dua pemain asal Australia, Jason Culina (Ajax Amsterdam, De Graafsachap, Twente, dan PSV) dan Brett Holman (Excelsior, Nijmegen, dan Alkmaar).

Fandi Ahmad bermain di Belanda pada 1983 hingga 1985 untuk FC Groningen.

Saat berusia 21 tahun ia mencetak dua gol pada debut liga, kemudian ia juga mencetak gol melawan Inter Milan dalam laga di Piala UEFA tiga hari kemudian.

Fandi memainkan 36 pertandingan dan mencetak 11 gol untuk FC Groningen.

Pelatih asal Singapura itu pun memberikan tanggapannya soal namanya yang masuk dalam nominasi yang dibuat oleh laman AFC itu.