Ada COVID-19, International Festival Indonesia Farmel Cup 2020 Ditunda

By Ade Jayadireja - Sabtu, 13 Juni 2020 | 17:30 WIB
Ilustrasi Indonesia Farmel Cup (IFC). (Indonesia Farmel Cup.)

BOLASPORT.COM - Turnamen sepakbola usia dini taraf internasional, Indonesia Farmel Cup (IFC) 2020, terpaksa ditunda karena pandemi virus corona atau COVID-19.

Rencana awal, turnamen IFC 2020 sedianya dilaksanakan di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pada 26 sampai 28 Juni 2020.

CEO FIFA Inticipta Farmel, Eko Setyawan, mengaku sudah melakukan komunikasi dengan para peserta atas ditundanya IFC 2020.

Alasannya, karena situasi COVID-19 sehingga tidak mungkin turnamen tersebut dilaksanakan pada Juni 2020.

Indonesia Farmel Cup 2020 sudah pasti mundur dengan situasi COVID seperti ini, tidak mungkin dilaksanakan karena memang situasi dan kondisi saat ini,” kata Eko.

Namun, Eko mengatakan panitia tetap optimistis turnamen ini dapat dilaksanakan kembali bulan Oktober atau paling lambat November 2020. Karena, panitia ingin memberikan kesempatan para peserta untuk berlatih menyiapkan timnya masing-masing melihat waktu istirahat saat COVID-19 cukup lama.

“Pasti anak-anak sangat kaku badannya. Nah, rencana bulan Oktober 2020, kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti pengelola GBK sebagai penyedia lapangan, dan PSSI selaku kiblat sepakbola Indonesia serta kepolisian,” ujarnya.

Baca Juga: Eks Pelatih Timnas U-19, Fakhri Husaini Resmi Melatih Tim PON Aceh

Pada prinsipnya, kata Eko, pihak-pihak terkait sangat mendukung IFC 2020 dapat dilaksanakan. Sebab, mereka melihat IFC 2019 cukup memberikan warna sepakbola usia dini. Tentunya, teman-teman yang tidak pernah bertanding internasional, kini bisa merasakan pertandingan internasional.

“Kami tetap mengikuti aturan berdasarkan aturan Pemerintah Provinsi DKI, yang sudah mengizinkan olahraga outdoor sudah dapat dilakukan tanggal 5 Juni, tentunya dengan protap-protap yang harus diterapkan,” jelas Eko.