Rival Timnas Indonesia Bakal Memiliki Pemain Naturalisasi dari Klub Paling Sukses di Ceko

By Metta Rahma Melati - Kamis, 18 Juni 2020 | 11:15 WIB
Timnas Vietnam menjuarai Piala AFF 2018 (AFFSUZUKICUP.COM)

BOLASPORT.COM - Rival timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Vietnam bakal memiliki pemain naturalisasi yang memperkuat salah satu klub paling sukses di Ceko, Sloven Liberec.

Bantuan dari Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), kiper berdarah Vietnam-Ceko Filip Nguyen selangkah lebih dekat untuk proses naturalisasi sehingga iaa dapat mewakili tim nasional.

BolaSport.com melansir dari Vietnam News, Filip Nguyen mengatakan pada Vietnam Television (VTV) bahwa di masih melakukan proses naturalisasi untuk memenuhi mimpinya bermain untuk negara dan dia berharap bisa bermain untuk tim nasional di Kualifikasi Piala Dunia 2022 akhir tahun ini.

Meskipun Filipin Nguyen merupakan keturunan Vietnam, ia tidak memenuhi persyaratan tinggal permanen selama tahun dan kemampuan bahasa Vietnam, sehingga kasusnya tidak terselesaikan.

Baca Juga: Calon Lawan Timnas Indonesia TC pada September untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020

Akan tetapi VFF telah membantu keluarga Filip Nguyen menyelesaikan masalah itu dan prosesnya bergerak baru-baru ini ketika Kementerian Kehakiman menginstruksikan VFF untuk melaksanakan beberapa prosedur.

"Kami telah mempelajari sejumlah dokumen penting sebagai dasar untuk naturalisasi Nguyen, termasuk Resolusi No.36 tentang karya orang Vietnam yang tinggal di luar negeri," ujar Sekretaris Jenderal Le Hoai Anh.

"Menurut resolusi ini, Vietnam mencoba untuk menyelesaikan dan membangun sistem kebijakan baru untuk menarik dan menghormati bakat, mempromoskan kontribusi para ahli Vietnam di luar negeri untuk pengembangan negara, termasuk olahraga," ujarnya.

"Nguyen dan keluarganya selalu melihat ke tanah air dan ingin berkontribusi pada tim Vietnam. Kiper juga pemain berbakat yang pantas dipilih oleh Vietnam. VFF sangat ingin memiliki jasa Nguyen dan seragam tim Vietnam sehingga VFF mendukung keluarganya untuk melakukan prosedur hukum," ujar Le Hoai Anh.

Baca Juga: Kata Legenda Man United, Formasi Ini yang Cocok buat Duetkan Pogba-Fernandes