Tanggapan PSSI yang Harus Bayar jika Pakai Lapangan ABC untuk TC Timnas Indonesia

By Wila Wildayanti - Jumat, 19 Juni 2020 | 09:50 WIB
PSSI menggelar sesi jumpa pers untuk menanggapi beberapa perihal yang terjadi termasuk pernyataan Shin Tae-yong ke media Korea Selatan (Istimewa)

BOLASPORT.COM - PSSI memberikan tanggapan soal Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) yang meminta federasi harus membayar jika memakai fasilitas di kawasan GBK, termasuk tempat untuk latihan timnas Indonesia.

Bagi masyarakat, pihak pemerintah, ataupun PSSI, apabila ingin menggunakan fasilitas Gelora Bung Karno (GBK), termasuk tempat latihan timnas Indonesia, mereka diwajibkan membayar.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya PSSI meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk mengizinkan Stadion Madya dan Lapangan ABC digunakan sebagai tempat latihan timnas Indonesia.

Merespons hal tersebut, Kemenpora menyampaikan keinginan itu kepada PPKGBK untuk segera diproses agar tempat pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia segera didapatkan.

Baca Juga: Strategi Terbaca Lawan, Marcus/Kevin Variasikan Gaya Main

Akan tetapi, PPKGBK langsung menanggapi permintaan penggunaan fasilitas GBK dan menurut pengelola, PSSI harus membayar sebab hal itu sesuai dengan regulasi yang ada.

Hal itu tertera dalam aturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 38/PMK.05/2018 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno pada Kementerian Sekretariat Negara.

Ada aturan yang menyatakan bahwa yang dapat memakai fasilitas GBK secara gratis dan tidak membayar hanya para atlet nasional yang namanya tercatat dalam surat keputusan (SK) Kemenpora.

Apabila ingin memakai secara gratis, tentu harus ada SK yang di dalamnya terdapat nama-nama atlet, pelatih, hingga ofisial.