Cerita Muhammad Ali yang Dicurigai FBI Usai Jadi Juara Kelas Berat

By Agung Kurniawan - Senin, 22 Juni 2020 | 16:20 WIB
Muhammad Ali ketika merayakan kemenangan atas Sonny Liston dalam laga pertama pada 25 Februari 1964. (TWITTER.COM/MUHAMMADALI)

BOLASPORT.COM - Petinju legendaris, Muhammad Ali, pernah dicurigai oleh FBI setelah dia berhasil meraih gelar juara dunia untuk pertama kalinya di kelas berat.

Melalui catatan sejarah, publik akan selalu mengenang betapa hebatnya Muhammad Ali tatkala berhasil merebut gelar juara dunia untuk pertama kali dari tangan Sonny Liston.

Pertandingan antara Muhammad Ali—kala itu masih bernama Cassius Clay—dan sang juara kelas berat, Sonny Liston terjadi pada 25 Februari 1964.

Dalam pertandingan di Florida, Amerika Serikat itu, Ali berhasil mengalahkan Liston setelah sang unggulan menyerah setelah ronde keenam dari 15 ronde yang direncanakan.

Baca Juga: Andai Masih Hidup, Muhammad Ali Akan Menentang Demo Black Lives Matter

Kemenangan atas Liston membuat Ali menjadi juara dunia tinju untuk pertama kalinya.

Petinju berjuluk The Greatest tersebut merebut sabuk juara WBC, WBA dan gelar lineal kelas berat yang sebelumnya dipegang oleh Liston.

Pertandingan tersebut menandai awal dari kisah kesuksesan Ali sebagai legenda tinju. Namun begitu, kemenangan atas Liston itu sempat membawa Ali terlibat dalam masalah.

Biro Investigasi Federal atau FBI mencurigai adanya match fixing alias pengaturan pertandingan dalam laga antara Ali dan Liston.

Baca Juga: Hal Sepele yang Menginspirasi Bruce Lee untuk Hajar Muhammad Ali