Kisah Mengejutkan Mantan Pelatih Timnas U-19 Indonesia yang Pernah Diminta Mengatur Skor

By Hugo Hardianto Wijaya - Selasa, 23 Juni 2020 | 06:00 WIB
Fakhri Husaini saat masih melatih timnas U-19 Indonesia. (WAHYU SEPTIANA/TRIBUN JAKARTA)

BOLASPORT.COM - Mantan pelatih timnas U-19 Indonesia, Fakhri Husaini, menceritakan pengalamannya diminta untuk mengatur skor pertandingan ketika masih aktif bermain.

Kasus pengaturan skor bukanlah hal yang baru dalam cerita sepak bola Indonesia.

Praktik pengaturan skor seakan sudah menjadi budaya yang terpendam jauh di dasar paling gelap dari gelaran kompetisi sepak bola nasional.

Hingga saat ini, Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola bahkan sudah menangkap sejumlah aktor dalam pengaturan skor yang berhasil diungkap.

Baca Juga: Arsenal Kalah 2 Kali dalam Seminggu, Arteta Butuh 2 Hal Ini untuk Perbaiki Kekacauan

Salah satunya kasus pengaturan skor yang terjadi dalam laga antara Persibara Banjarnegara kontra Persekabpas Pasuruan yang turut menyeret mantan pelaksana tugas (plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Kasus pengaturan skor ternyata juga pernah menimpa mantan pelatih timnas U-19 Indonesia, Fakhri Husaini, saat dirinya masih aktif bermain.

Hal itu diceritakan sendiri oleh Fakhri dalam bincang-bincang bersama dua pemain Arema FC, Hanif Sjahbandi dan Rendy Juliansyah, di kanal Youtube Hanif & Rendy Show.

Ketika diminta oleh pelatihnya untuk mengatur skor, Fakhri pun menunjukkan perlawanan yang membuatnya diganti di babak kedua.

Baca Juga: Liga 1 Jadi Lanjut, Borneo FC Berharap Jadwal Resmi Keluar Awal Juli