Yeyen Tumena Ungkap Pentingnya Ada Pelatih Lokal di Timnas Indonesia

By Hugo Hardianto Wijaya - Kamis, 25 Juni 2020 | 00:30 WIB
Yeyen Tumena membeberkan pentingnya pelatih lokal di tim pelatih timnas Indonesia. (weshley)

BOLASPORT.COM - Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia, Yeyen Tumena, menjelaskan perlunya ada pelatih lokal di timnas Indonesia meski sudah dilatih pelatih asing.

Perdebatan tentang keberadaan pelatih lokal dan pelatih asing di timnas Indonesia kembali mencuat dalam kisruh atanra pelatih tim Garuda, Shin Tae-yong, dengan PSSI.

Perdebatan itu muncul seiring dengan curhat Shin Tae-yong ke media Korea Selatan, Naver Sports, yang menyinggung sikap indispliner Indra Sjafri ketika masih menjadi bagian tim pelatih timnas Indonesia.

"PSSI meminta merekomendasikan coach lokal (Indra Sjafri) dan saya terima saja. Akan tetapi, setelah selesai TC Thailand, coach lokal tersebut pulang saja tanpa izin," ujar Shin Tae-yong dilansir Bolasport.com dari Naver Sports.

Baca Juga: Edisi Ulang Tahun - Jangan Ngaku Fan Messi kalau Tak Tahu 5 Fakta Ini

"Meeting hari esoknya saya ingin memaafkan jika dia mengaku kesalahanya, tetapi malah kelakuannya seolah-olah tidak salah apa-apa."

"Kemudian Ketua Umum PSSI, purnawirawan perwira tinggi Polri, memanggil saya untuk bertemu."

"Dua bulan kemudian, coach yang tadinya dikeluarkan menjadi berjabat sebagai Direktur Teknik (PSSI),” sambungnya.

Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia, Yeyen Tumena, punya pandangan tersendiri terkait keberadaan pelatih lokal di timnas Indonesia.

Menurutnya, keberadaan pelatih lokal sangat penting dalam mendampingi pelatih asing di tim Garuda.