Liga 1 dan Liga 2 Lanjut Oktober, Bagaimana Kebijakan Penonton?

By Wila Wildayanti - Senin, 29 Juni 2020 | 07:15 WIB
Suporter Persija Jakarta, Jak Mania, saat laga Persija Jakarta melawan Borneo FC di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta (1/3/2020) (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Apakah kebijakan 30 persen penonton dari kapasitas stadion untuk Liga 1 dan Liga 2 bakal diterapkan saat kompetisi dilanjutkan pada awal Oktober 2020?

PSSI telah resmi mengeluarkan surat keputusan (SK) bernomor SKEP/53/VI/2020 bahwa kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 akan dilanjutkan pada awal bulan Oktober mendatang.

Dalam konferensi pers di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (28/6/2020) malam WIB, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengumumkan kompetisi Liga 1 dan Liga dilanjutkan dengan berbagai pertimbangan.

PSSI tentu saja mempertimbangkan adanya pandemi virus corona (COVID-19) sehingga beberapa regulasi baru harus diterapkan selama kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dilanjutkan.

Baca Juga: Hasil Liga Italia - Bangkit di Babak Kedua, AC Milan Sukses Jinakkan AS Roma

Di antaranya ada aturan pemerintah terkait protokol kesehatan yang harus diterapkan selama kompetisi berlangsung oleh pemain, pelatih, ofisial, staf klub, hingga penonton.

Mochamad Iriawan mengatakan bahwa PSSI akan tetap memperhatikan ketentuan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah mengeluarkan ketentuan terkait pembatasan penonton apabila kompetisi kembali digelar.

Ada jumlah maksimal ketersediaan tempat duduk untuk penonton di stadion yang digunakan dan akses orang yang masuk ke area kegiatan juga akan dibatasi serta diminta menghindari kerumunan.