PSSI Pastikan Liga 1 Digelar Berpusat di Pulau Jawa

By Wila Wildayanti - Senin, 29 Juni 2020 | 11:45 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan keterangan dalam konferesi pers soal beberapa regulasi Liga 1 2020 (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan kembali bergulirnya kompetisi pada Oktober 2020, akan lebih efisien apabila Liga 1 dipusatkan di Pulau Jawa.

Secara resmi PSSI memutuskan Liga 1 kembali bergulir dengan keluarnya Surat Keputusan (SK) tentang Kelanjutan Kompetisi dalam Keadaan Luar Biasa Tahun 2020.

Akhir-akhir ini PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah menggodok berbagai regulasi yang akan diterapkan di kompetisi, salah satunya mengenai laga Liga 1 yang akan berpusat di Pulau Jawa.

Seperti diketahui, sebelumnya Ketua Umum PSSI memberikan opsi agar kompetisi digelar berpusat di Pulau Jawa, dan beberapa klub pun menyambut positif hal tersebut.

Baca Juga: Hadapi Piala Asia U-19 2020, Malaysia Buru Pemain Timnas Inggris Jebolan Akademi Chelsea

Menurut Mochamad Iriawan rencana memang Liga 1 dipusatkan di Pulau Jawa, tetapi untuk saat ini masih terus dikomunikasikan dengan klub-klub di luar Jawa.

Lima klub yang berada di luar PulaU Jawa, yakni PSM Makasssar, Persipura Jayapura, Barito Putera, Borneo FC, dan Persiraja Banda Aceh.

Lima klub tersebut rencananya bakal berkandang di Yogyakarta, Jawa Tengah dengan alasan untuk memudahkan transportasi darat.

“Beberapa klub sudah setuju satu dua klub akan kami komunikasikan karena berkaitan dengan transportasi seperi Papua, sekarang kan masih minim,” kata Mochamad Iriawan saat ditemui setelah konferensi pers yang turut dihadiri BolaSport.com, di kantor PSSI.