Punya Target Khusus, Komdis PSSI Ingin Timnas Indonesia Main Tanpa Pelanggaran di Level Internasional

By Hugo Hardianto Wijaya - Rabu, 15 Juli 2020 | 13:45 WIB
Ketua Komite Disiplin PSSI, Erwin Tobing, menjelaskan Kode Disiplin PSSI dalam acara Kemenpora di Grand Ballroom Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). (pssi.org)

BOLASPORT.COM - Ketua Komisi Displin PSSI, Erwin Tobing, berharap supaya pemain timnas Indonesia bisa bermain bersih tanpa pelanggaran ketika mentas di kejuaraan tingkat internasional.

Sepak bola Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup banyak dalam hal kedisiplinan.

Seperti diketahui, dalam setiap pertandingan ada saja pelanggaran yang dilakukan oleh para stake holders sepak bola nasional, mulai dari pemain hingga suporter.

Tak jarang, Komite Disiplin (Komdis) PSSI memberikan sanksi setiap pekan bagi tim-tim yang melanggar Kode Disiplin PSSI.

Baca Juga: Hasil PBSI Home Tournament - Nita/Putri Petik Kemenangan Pertama

Jenis pelanggaran yang terjadi bisa berbagai macam, mulai dari tingkah suporter yang kelewatan hingga pemain yang tersulut emosi.

“Mereka (suporter) kadang tak jarang suka terbawa hal itu (euforia) dengan membawa flare (suar) serta menyalakannya di dalam stadion,” jelas Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing, dilansir Bolasport.com dari laman resmi PSSI.

“Untuk pemain, masih suka mengancam bahkan memukul wasit dalam pertandingan. Ada mekanismenya kalau mau protes dengan keputusan wasit, dengan melayangkan surat ke kami,” katanya.

Baca Juga: Bantai Brescia 6-2, Atalanta Kini Terbaik Setelah AC Milan dan Torino

Melihat kenyataan tersebut, Erwin sangat berharap supaya semua stake holders sepak bola di Indonesia bisa menaati peraturan.