PSSI: Datang ke Stadion Itu Ibadah Buat Suporter, tapi Sekarang Dukungnya di Rumah Saja

By Wila Wildayanti - Minggu, 19 Juli 2020 | 19:15 WIB
Suporter Persebaya (Bonek) membawa spanduk permintaan maaf pada warga Blitar atas kasus kerusuhan setelah laga Piala Gubernur Jatim 2020 ke laga perdana Persebaya Surabaya di Liga 1 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (29/2/2020). (SURYA/HABIBUR ROHMAN)

BOLASPORT.COM - Head of Direktorat Pemberdayaan Suporter & Fan Engagement (DPSFE) PSSI, Budiman Dalimunthe, mengatakan agar suporter mendukung tim kebanggannya di rumah saja sama seperti ibadah saat ada Pembatasan Sosial Bersekala Besar.

Lanjutan Liga 1 2020 dipastikan akan berlangsung 1 Oktober mendatang dengan berpusat di Pulau Jawa dan digelar tanpa adanya penonton atau suporter.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah sepakat dengan adanya aturan lanjutan Liga 1 digelar tanpa penonton karena pandemi virus corona (Covid-19).

Seperti diketahui, korban Covid-19 di Indonesia belum juga menunjukkan penurunan angka, sehingga digelar tanpa penonton adalah pilihan terbaik.

Baca Juga: AS Roma Vs Inter Milan, Antonio Conte Sebut Tim Lawan Punya Skuad Hebat

Tentu saja dengan aturan itu tak mudah untuk suporter yang biasanya selalu datang memenuhi stadion untuk mendukung tim kebanggaannya.

“Yang namanya suporter ya, itu kan suport atau mendukung klubnya. Tentu tujuan semua suporter sama yakni mendukung klubnya untuk bisa meraih hasil terbaik,” kata Budiman Dalimunthe kepada BolaSport.com, Minggu (19/7/2020).

“Ya kalau normal suporter pasti datang ke stadion untuk mendukung klubnya. Tapi ini kan new normal. Jadi suporter masih bisa melakukan dan mendukung tim mereka meski tidak langsung ya,” ucapnya.

Bukan tanpa alasan, awalnya memang kompetisi rencananya digelar dengan 30 persen penonton dari kapasitas stadion yang ada, dan aturan itu juga ada dalam aturan baru Kementerian Pemuda dan Olahraga terkait digelarnya kompetisi.