Berkat PV Sindhu dan Saina Nehwal, Bulu Tangkis Jadi Olahraga Paling Berkembang di India

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 21 Juli 2020 | 16:30 WIB
Kidambi Srikanth (kiri), Pusarla V Sindhu, dan Saina Nehwal, pebulu tangkis India. (Indian Express )

BOLASPORT.COM - Pelatih kepala tim nasional bulu tangkis India, Pullela Gopichand, menilai kesuksesan dua pemain tunggal putri, PV Sindhu dan Saina Nehwal, di level dunia telah menjadikan bulu tangkis sebagai olahraga paling berkembang di negara mereka.

Menurut Pullela Gopichand, hal itu bisa dilihat dari banyaknya jumlah lapangan bulu tangkis yang kini ada di India.

Padahal, saat Gopichand memulai pemusatan latihan nasional di Hyderabad pada tahun 2004 dengan 25 atlet, termasuk PV Sindhu, Saina Nehwal, dan Kidambi Srikanth, tak ada yang menduga India akan memiliki pebulu tangkis kelas dunia.

Kini, Sindhu dan Nehwal adalah atlet dengan raihan medali Olimpiade.

Sindhu menyabet medali perak pada Olimpiade Rio 2016, sedangkan Nehwal meraih medali perunggu pada Olimpiade London 2012.

Baca Juga: MotoGP 2020 - Vinales Tak Sabar Bisa Berduet dengan Quartararo

"Saya bisa mengatakan, bulu tangkis adalah olahraga yang paling berkembang di negara ini dalam 10 tahun terakhir atau lebih," ucap Gopichand, dilansir BolaSport.com dari mykhel.com.

"Saat saya memulai karier sebagai pelatih pada tahun 2004, hanya ada 10 lapangan bagus di Hyderabad, tetapi sekarang sudah ada lebih dari 1.000 lapangan."

"Ada begitu banyak akademi bulu tangkis yang muncul di sini, banyak anak dari seluruh negeri, mulai dari Punjab, Mizoram, dan bahkan luar negeri, datang ke akademi saya untuk berlatih. Jadi, ada minat yang besar terhadap olahraga ini sekarang," kata Gopichand lagi.

Ke depannya, Pullela Gopichand optimistis bulu tangkis bisa terus menjadi olahraga yang diminati di India.